Minggu, 07 Juni 2020

Sagusablog, Pelatihan dari IGI untuk Guru Indonesia

Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Sedangkan Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.


Kompetensi Profesional seorang Pendidik salah satunya adalah mampu memanfaatkan TeknoIogi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kompetesnsi ini akan membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sampai saat ini pemanfaatan media pembelajaran online belum berkembang dengan optimal di Indonesia. Salah satu kendala pengembangan media pembelajaran online adalah kurang dikuasainya teknologi pengembangan media online oleh para pengajar.



Untuk menjawab tantangan itu, Ikatan Guru Indonesia disingkat IGI, sebagai salah satu organsisasi profesi guru menawarkan berbagai macam jenis kegiatan pelatihan baik daing maupun luring. Salah satu Program IGI yang paling fenomenal saat ini yaitu program SAGUSABLOG atau satu guru satu blog. Pada program ini anggota IGI bisa mengikuti workshop pembuatan blog guru untuk pembelajaran. Program SAGUSABLOG ini telah menghasilkan ribuan guru blogger baru, guru yang melek iptek khususnya internet. setiap guru yang mengikuti program ini diwajibkan membuat blog untuk pembelajaran dan itu semua dimulai dari nol, jadi intinya guru yang tadinya tidak memahami sama sekali tentang blog setelah mengikuti pelatihan ini jadi mampu membuat blog sendiri, meskipun dalam pelatihannya dilakukan secara online melalui aplikasi sosial media telegram. Setiap guru yang sudah mendaftarkan diri mengikuti pelatihan ini akan dimasukkan kedalam grup telegram, dari situlah materi pelatihan ini bisa didapatkan dan bukan hanya itu saja, semua peserta juga selain bisa mendapatkan materi yang bisa diunduh mereka juga bisa berkonsultasi dengan para mentor yang siap untuk membimbing dan menjawab semua pertanyaan dari peserta yang mendapatkan kesulitan termasuk blog yang saya buat ini merupakan hasil dari bimbingan para mentor SAGUSABLOG terutama master trainer dari SAGUSABLOG ini Mr. Mung.

Pelatihan  yang dikembangkan dan diterapkan ini diharapkan akan memberikan wawasan baru dalam pembuatan media pembelajaran online khususnya blog, mengingat pembuatan blog yang menarik relatif mudah. Dengan menguasai pembuatan blog diharapkan menjadi pemicu kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Dari pengalaman mengikuti kegiatan ini, selain pengalaman berharga, ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam pembelajaran serta menambah teman yang saling membantu dalam bidang pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar